Monday, May 21, 2007

'Ekspor' SMS 'beracun'

Satu lagi komoditi 'ekspor' Indonesia...SMS dgn motivasi penipuan yang udah lazim di Indonesia kini 'menjajah' negeri jiran Malaysia. Hal itu ditemukan seorang peneliti antivirus diperusahaan F-Secure di Malaysia. Menurut peneliti yang menuliskan namanya dengan inisial Esz, SMS itu telah merebak di Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti dikutip detikINET dari F-Secure.com, SMS tsb mirip dgn SMS penipuan yang banyak beredar di Indonesia (cuma ditranslate aja ke bhs sono). Isinya SMSnya kurang lebih kaya gini: "Pengumuman dari PETRONAS MLSY. TAHNIAH! no. talian anda meme-nangi undian bertuah RM.11000. sila hubungi talian 006285885398*** esok pagi 08.00. Terima kasih."

Menurut peneliti itu, pesan berasal dari sebuah nomor ponsel dari operator Indosat. Ia menyimpulkan pelaku berada di Indonesia. Penyelidikan lebih lanjut pun dilakukan oleh Esz dengan menghubungi nomor yang dimaksud. "Pelaku berbicara dengan Bahasa Melayu yang jelas-jelas berlogat Indonesia," katanya....hahaha, goblog ga tuh orang :D..

Konon, ini bukan kejadian yang pertama kali. Pada akhir Maret 2007 kasus pertama penipuan via SMS semacam ini telah dilaporkan di Malaysia. Transkrip lengkap percakapan F-Secure dengan sang pelaku, termasuk rekaman audio percakapan itu, bisa diakses di blog F-Secure.

sumber : detikinet.com

No comments: